10 TIPS MERINTIS BISNIS KULINER

Dibuat oleh habli, Tanggal : 2016-11-13 pada halaman tutorial

Bisnis Kuliner, apa yang ada di benak anda ketika mendengar istilah tersebut?. Anda sering mendengar istilah kuliner? Saya yakin jawabannya pasti iya, sepertinya ini merupakan hal yang cukup menarik untuk dibahas.

Merintis Bisnis Kuliner mungkin banyak sekali artikel yang sudah membahas tentang tips ini, tapi penjualansoftware.com kini akan berikan ide fresh bagi Anda yang akan ingin merintis bisnis Kuliner. Banyak para wirausahawan memutar otak untuk akan berbisnis usaha apa dan dibidang apa, berikut akan Kami bagikan bagaimana cara memulainya yang mana mungkin menjadi sumber inspirasi bagi Anda.


KULINER adalah hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk, panganan maupun minuman. Kuliner tidak terlepas dari kegiatan masak-memasak yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari. Kata kuliner merupakan unsur serapan bahasa Inggris yaitu culinary yang berarti berhubungan dengan memasak. Sedangkan orang yang bekerja di bidang kuliner disebut koki atau chef.


Kuliner sendiri dengan sangat mudah kita temui di sudut-sudut kota, bahkan kebanyakan Kuliner menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Biasanya makanan yang di jual di Kuliner tidak terlalu bervariasi, begitupun dengan minumannya.

Jika anda memang berniat membuka usaha Kuliner, namun terkendala dengan modal yang kecil, anda tak perlu ragu atau menyerah, anda dapat mendirikan Kuliner yang sederhana sebagai pemula, nantinya jika sudah berkembang anda dapat membuat cabang yang lebih besar. Nah, jika anda berniat membuka usaha Kuliner, alangkah baiknya anda membaca beberapa hal di bawah ini.

10 Tips Merintis Bisnis Kuliner Beserta Tips Cara Memulainya

1. Tetapkan Target Pasar 

menetapkan sasaran konsumen Anda. Dalam usaha kuliner Anda mesti memahami kriteria pelanggan Anda. Misal, untuk pekerja kantor seorang pelaku usaha mesti menyesuaikan harga, makanan harus kenyang dan bisa disajikan secara cepat karena pegawai kantor memiliki waktu istirahat relatif pendek.

2. Cari Tempat yang Strategis

Jika anda telah memiliki lahan sendiri, maka bersyukurlah karena itu artinya anda tak perlu lagi menyewa atau membeli tanah untuk mendirikan usaha Kuliner. Apalagi jika lahan yang anda punya terletak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan raya, dekat dengan mall atau di tempat yang ramai dan sering di kunjungi orang banyak. Namun apabila anda memiliki lahan yang jauh dari keramaian, maka anda dapat menyewa sebuah ruko atau lahan kosong dengan luas minimal sekitar 8 x 4 meter.

3. Menu Andalan

Jika usaha Kuliner anda termasuk Kuliner kecil-kecilan, maka tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu saja yang terpenting terjamin rasa dan kesehatannya. Anda juga dapat menambahkan menu tradisional yang di padukan dengan menu modern.

4. Desain Interior Kuliner yang Unik

Pada umunya banyak sekali Kuliner yang menggunakan fasilitas lengkap dan terkesan mewah. Untuk usaha Kuliner skala kecil, saya rasa itu tidak perlu karena tidak semua fasilitas mewah seperti kursi itu empuk dan nyaman. Anda dapat menggunakan terobosan kursi dari kayu atau bahan unik lain agar Kuliner anda terkesan unik dan menarik minat konsumen. Atau jika anda memiliki ide lain seperti Kuliner lesehan, mengapa tidak?

5. Minimalkan Karyawan

Jika anda mendirikan usaha Kuliner, tentunya anda akan menjadi bos dan mencari karyawan untuk bekerja di Kuliner anda. Namun untuk usaha Kuliner skala kecil itu tak harus terjadi. Anda dapat mencari 1 orang karyawan saja sebagai juru masak. Sedangkan anda dapat menjadi pelayan. Untuk urusan bersih-bersih anda dapat melakukannya bersama karyawan. Selain itu tentunya anda juga memiliki sanak keluarga seperti istri dan anak yang dapat membantu anda

6. Promosi lewat Akun Media Sosial

Pemasaran atau promosi di radio, koran atau media besar lainnya memang efektif, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Free marketing disini berarti promosi gratis, lalu adakah promosi gratis saat ini? tentunya ada, yakni dengan menggunakan media online. Anda dapat promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter dll. Selain itu anda juga membuat website sendiri yang mempromosikan Kuliner anda beserta menunjukkan jika Kuliner anda memiliki kualitas.

7. Gaet Komunitas dan Adakan Events

Strategi pemasaran ini lebih fleksibel dan murah ketimbang menggunakan pola lama dengan memasang iklan. Peran komunitas dalam sebuah pemasaran sangat banyak manfaatnya. Misalnya, ketika komunitas seni sering berkunjung ke Kuliner Anda, maka akan sering pula Komunitas tersebut menjadi ambasador bagi Kuliner Anda kepada orang lain, dan ada juga contoh komunitas pengendara motor menggunakan atribut jaket yang sama bertulisan nama produsen motor tertentu. Di satu sisi orang mungkin melihat hal itu sebagai gaya hidup (life style) bahwa memiliki komunitas tertentu akan memunculkan identitas baru. Tetapi,di sisi lain produsen melihat hal itu sebagai strategi lain pemasaran dengan memanfaatkan komunitas.

caontoh lainnya, Wanita akan senang bisa banyak berinteraksi dan bertemu orang – orang baru yang memiliki hobi atau kesenangan yang sama dengan mereka. Jika bisnis Anda memiliki target pasar perempuan, maka membuat komunitas bagi mereka adalah salah satu cara yang tepat. Anda bisa mencari tahu apa yang sedang menjadi tren di kalangan wanita saat ini. Dan dari itu, kita bisa menyesuaikan dengan bisnis yang sedang kita bangun. Ketika komunitas dalam bisnis kita mulai terbentu, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain jaminan pelanggan dari anggota komunitas, kitapun akan mendapatkan banyak relasi dari mereka, merekapun akan merasa lebih diperhatikan oleh adanya komunitas yang bisnis kita dirikan.

8. Gunakan Sistem Operasi Penjualan yang Canggih

Kini usaha bisnis pada saat sekarang ini sudah harus serba cepat, efektif dan efisien. Anda harus cepat tanggap dalam merintis usaha bisnis Anda. Gunakanlah Sistem Operasi Penjualan yang Canggih dan efektif dalam dalam bisnis Anda, sehingga dapat membantu usaha Kuliner Anda dalam menjalankan bisnis. penjualansoftware.com menyediakan media Software Restoran dan Kuliner yang sangat cocok digunakan untuk bisnis kuliner baik restoran maupun cafe.

Software Restoran produk memiliki tampilan menarik, sangat mudah dipahami, dan tentu saja sangat memperlancar jalannya bisnis kuliner Anda. Selain itu Software Restoran yang kami miliki sudah support cashdrawer, miniprinter untuk mencetak nota struk di kasir ataupun didapur. Kemudahan selanjutnya adalah program ini sudah support untuk penggunaan TAB (tablet android), cukup pesan order dari meja langsung via TAB (tablet android) maka pesanan akan langsung masuk ke server dan dapur sehingga mengefisienkan waktu pelayanan direstoran Anda.

9. Tentukan Konsep Restoran dan Pelanggan Potensial Anda

Jenis-jenis menu yang anda hidangkan dapat ditentukan pula oleh konsep restoran serta pelanggan potensial yang paling sering datang ke restoran anda.

Restoran yang buka untuk umum dan didatangi berbagai jenis pengunjung tentu berbeda dengan Kuliner berkonsep modern. Restoran mewah yang memiliki bangunan eksklusif juga akan memiliki jenis menu yang berbeda dengan Kuliner tenda trendi yang dirancang untuk tempat kumpul-kumpul remaja. Pastikan konsep ini sudah anda buat dengan matang sebelum anda merencanakan menu.

10. Berinovasi dengan Baik

Pada saat-saat tertentu target pasar Anda mungkin akan berada pada titik jenuh. Maka hal yang harus Anda lakukan untuk dapat bersaing adalah dengan berinovasi. Jangan melakukan atau membuka bisnis yang sama persis dengan bisnis orang lain, mungkin jika ingin meniru maka lebih baik mengambil konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan kesan yang “wah” maka sebaiknya berinovasi dan menelurkan produk baru yang membuat konsumen penasaran. Jika Anda tidak dapat berinovasi dan hanya mengikuti alur yang ada. Maka akan dipastikan bisnis Anda akan mengalami perlambatan, mungkin akan lumpuh diperiode tertentu. Untuk mencegah hal tersebut maka mulailah membuat ide gila yang membuat konsumen merasakan kesan berbeda setelah mencoba produk dan layanan Anda.

Beberapa hal di atas patut Anda lakukan jika anda ingin merintis usaha Kuliner, hal yang lain yang dapat anda lakukan ialah memberikan pelayanan ramah dan maksimal agar pengunjung puas dengan layanan.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin Penjualan Software Kami via phone: 082391280137 / 082322522453 atau via e-mail: penjualansoftware@yahoo.com. Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membeli Software TokoSoftware Minimarket atau Software Restoran pada menu download software di Penjualansoftware.com.