FITUR DATABASE DALAM SOFTWARE TOKO

Dibuat oleh habli, Tanggal : 2016-07-20 pada halaman tutorial

Penjelasan tentang Fitur Database dalam Software Toko akan Kita bahas pada kesempatan tutorial saat ini, bagi Anda pengusaha toko maupun minimarket, Anda pasti sangat ingin data-data toko maupun minimarket Anda dalam Software Toko tetap aman dan stabil tanpa gangguan baik itu error maupun data yang terindikasi oleh virus. Penjualansoftware.com memberikan solusi bagi Anda untuk Program Kasir yang mempunyai sistem database yang aman dan cepat.

Database

Pangkalan data atau basis data (database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah "basis data/database " berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan objek yang diwakili suatu database , dan hubungan di antara objek tersebut. (wikipedia)

Database mempunyai beberapa kriteria penting:

  • Berorientasi data dan bukan berorientasi program.
  • Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
  • Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.
  • Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah.
  • Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.

Komponen-komponen sistem database:

  • Hardware, sebagai pendukung operasi pengolahan data seperti CPU, memori, disk, terminal, dan sebagainya.
  • Software sistem operasi , (Windows 9x, Windows 2000/XP, Linux, Unix.)
  • Software pengelola basis data (DBMS) seperti MS-Access, SQL, Oracle.
  • Software program aplikasi misalnya Visual Basic, Delphi, Visual Foxpro.
  • Basis data (semua data yang diperlukan, dipelihara, dikelola oleh sistem Basis Data)
  • Pemakai/pengguna basis data (user).

Peran database penting dalam pengolaan data dalam menggunakan komputer:

  • Sebagai komponen utama atau penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
  • Menentukan kualitas informasi yang cepat, akurat, relevan, sehingga informasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

Manfaat yang diperoleh dari penyusunan database:

  • Mengatasi kerangkapan (redundancy) data. Penyimpanan data yang sama pada beberapa tempat selain bisa meyulitkan pemakai tentang aktualisasi data juga memboroskan tempat penyimpanan, maka basis data akan mendeteksi dan menghindari jika terjadi kerangkapan data.
  • Menghindari terjadinya inkonsistensi data. Akibat lain jika terjadi kerangkapan data, maka jika terjadi perubahan pada data yang satu sedangkan yang lain tidak dirubah akan terjadi ketidakonsistenan data. Untuk itu database akan menyesuaikan terhadap data yang sama apabila terjadi perubahan, jika semua data akan selalu ter-update
  • Mengatasi kesulitan dalam mengakses data. Memudahkan jika suatu saat akan diambil atau dicetak data yang memiliki kriteria tertentu, misalnya pada tanggal tertentu, alamat tertentu, jumlah tertentu, dan sebagainya.
  • Menyusun format yang standar dari sebuah data. Dta ayang sama pada file yang berbeda harus memiliki format data berupa tipe dan jangkauannya harus sama. Kedidaksamaan format data akan mengakibatkan sulit atau tidak bisanya pengaksesan data yang lain.
  • Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser)
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data (data security). Setiap data hanya bisa diakses atas dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan logindan password terhadap masing-masing data.
  • Menyusun integritas dan independensi data. Basis data merupakan data kompleks yang bisa diintegrasikan, sehingga kita bisa memanipulasi untuk mendapatkan berbagai bentuk lembar kerja dan laporan yang kita inginkan. Namun demikian masing-masing data tidak saling tergantung terhadap data yang lain. Data-data dalam database bisa saling berdiri sendiri.

Database yang digunakan dalam Software Toko di Penjualansaoftware.com

Produk Kami didesain dengan tampilan yang menarik, efektif dan efisien, dengan menggunakan sistem database MySQL. Sistem database MySQL adalah sistem manajemen database yang bersifat Open Source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded dan Multi-user. Database ini dibuat untuk keperluan sistem yang cepat, handal dan mudah digunakan.

Program Kasir dalam Usaha Toko Anda

Program Kasir pada penjualansoftware.com merupakan program kasir berbasis desktop dan berjalan di sistem operasi windows dengan sistem database MySQL yang aman, cepat, dan handal sehingga dapat memudahkan user dalam penggunaannya, Aplikasi program kasir ini juga sudah didesain untuk terkoneksi dengan banyak komputer.

Software Toko dari Penjualansoftware.com bergaransi selama 1 tahun, jika ditemukan error dan bugs di dalam program software toko, segera kirimkan databasenya pada Kami, dan akan Kami perbaiki dan bila perlu akan Kami update terbaru Software Toko via email.

Software Toko sudah terbukti dan sudah banyak digunakan oleh client Kami dibeberapa provinsi di seluruh indonesia, Kami selalu melakukan update dan menerima complaint dari pelanggan untuk kemajuan software toko dan juga tentunya usaha Anda dimasa mendatang.

Berikut Penjelasan tentang Fitur Database dalam Software Toko:

Klik Database pada Fitur yang ada di Menu Software Toko

Kemudian akan keluar gambar seperti di bawah ini, pada Fitur Database terdapat 4 buah subfitur, yaitu: Backup Database, Import Database, Repair Database, dan Hapus Data.

keterangan:
1. Backup Database > Menyimpan database ke Drive lain, berguna jika suatu saat komputer bermasalah dan di install ulang, sehingga data bisa dikembalikan lagi
2. Import Database > Membuka database yang disimpan untuk digunakan kembali pada saat pem-backup-an database sebelumnya
3. Repair Database > Memperbaki database yang digunakan pada software toko, jika ada bugs dalam software tokonya
4. Hapus Data > Menghapus data yang ada dalam software toko, tetapi hanya menghapus data yang ada pada Menu Transaksi saja.

Jika Anda mengklik Backup Database,

maka akan keluar gambar seperti ini

Jika Anda mengklik Import Database,

maka akan keluar gambar seperti ini

Jika Anda mengklik Repair Database,

maka akan keluar gambar seperti ini

Jika Anda mengklik Hapus Data,

maka akan keluar gambar seperti ini


Fitur ini terkait dengan Tutorial:
1. Backup Database
2. Import Database
3. Repair Database
4. Hapus Data‚Äč

Sekian penjelasan dari kami tentang Penjelasan tentang Fitur Database dalam Software Toko, jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin Penjualan Software Kami via phone: 082391280137 / 082322522453 atau via e-mail: penjualansoftware@yahoo.com. Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membeli Software Toko pada menu download software di Penjualansoftware.com.

Selanjutnya untuk pemesanan software bisa hubungi kami pada nomor hp:082391280137 / 082322522453 (an. Habli Hikman) atau e-mail: penjualansoftware@yahoo.com.


Penjualan software telah digunakan oleh ribuan client yang ada di seluruh indonesia untuk penggunaan software terbaik, sudah teruji kestabilannya dalam mengelola usaha toko dan minimarket melalui produk unggulan seperti software minimarket dan software toko.