HARGA PENJUALAN POKOK

Dibuat oleh habli, Tanggal : 2017-07-24 pada halaman tutorial

Harga penjualan pokok pada bisa dilakukan pada Software Minimarket/Software Toko yang berguna bagi Anda ketika harga barang berubah pada saat pembelian barang periode berikutnya.

Misalkan, pada beberapa bulan yang lalu minimarket/toko Anda membeli barang produk rokok Malboro Light dengan harga Rp.180.000/pack, ketika barang rokok Malboro Light sudah hampir habis secara otomatis Anda akan menambah stok untuk persedian rokok Malboro Light, namun pada saat ini hargan rokok Malboro Light sudah naik menjadi Rp.200.000/pack. maka pada Software Minimarket/Toko Anda bisa menentukan pilihan Harga Penjualan Pokok (HPP) barang rokok Malboro Light tersebut berdasarkan dengan harga penjualan LIFO atau Average.

 

Harga Penjualan Pokok

Harga Pokok Penjualan adalah istilah yang digunakan pada akuntansi keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis. Ini termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead dan tidak termasuk periode (operasi) biaya seperti penjualan, iklan atau riset dan pengembangan. 

HPP muncul pada laporan laba rugi sebagai komponen utama dari biaya operasi. HPP juga disebut sebagai biaya penjualan.

 

dalam Software Minimarket/Software Toko ada dua Jenis pilihan penentuan harga yaitu LIFO dan AVERAGE

 

LIFO
merupakan singkatan dari Last in first out atau dalam bahasa Indonesia, Terakhir masuk pertama keluar yang berarti bahwa persediaan yang terakhir masuk adalah harga barang yang pertama kali dicatat sebagai harga barang yang dijual. 

AVERAGE
merupakan penentuan harga penjualan pokok dari harga barang yang terdahulu kemudian dijumlahkan dengan harga penjualan barang terbaru setelah itu dibagi dua.

 


Fitur Metode HPP (Harga Penjualan Pokok)  berguna untuk Anda yang menginginkan penjualan harga barang berdasarkan metode HPP (Harga Penjualan Pokok) LIFO atau AVERAGE dalam penggunaan Software Minimarket/Software Toko


 

Penggunaan Harga Penjualan Pokok dalam Software Minimarket

 

1. masuk ke Menu Back Office > klik Lainnya > klik Metode HPP
 

 

2. Kemudian akan keluar gambar seperti di bawah ini, aktivkan Otomatis Update Harga Modal dimaster barang saat pembelian.

 

3. Kemudian pilih LIFO

jika Anda ingin melakukan Penjualan harga barang yang terakhir kali dicatat sebagai harga barang yang dijual dan harga jual barang yang sebelumnya tidak terpakai.

 

4. Kemudian pilih Average

jika Anda ingin melakukan Penjualan harga barang merupakan rata-rata yang merupakan penentuan harga penjualan pokok dari harga barang yang terdahulu kemudian dijumlahkan dengan harga penjualan barang terbaru setelah itu dibagi dua.

 

 

 

Sekian tutorial tentang Cara Menentukan Harga Penjualan Pokokjika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin penjualansoftware.com Kami via Phone/SMS/WA/Line: 082322522453 / 082391280137.


Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membeli program kasir/software minimarketProgram Kasir KomputerProgram Kasir Restoran dan software toko produk Kami. 

Jika anda tertarik ingin mencoba versi trialnya secara langsung, silahkan download demo softwarenya di bawah ini