MANAJEMEN BISNIS MINIMARKET

Dibuat oleh habli, Tanggal : 2016-11-09 pada halaman tutorial

Di era yang serba modern ini, Minimarket kini telah menjadi distribusi yang langsung berhubungan dengan konsumen

Kali ini Penjualansoftware akan memberikan artikel tentang Manajemen Bisnis Minimarket, usaha toko retail atau minimarket kini mulai banyak oleh para pebisnis mengingat potensi pasar yang luas dan memiliki potensi keuntungan yang besar. Untuk meraih peluang tersebut kita perlu memahami cara-cara untuk mengembangkan bisnis toko atau minimarket.

Modal untuk mendirikan toko atau minimarket ini berfariasi tergantung dengan modal yang dimiliki. Bagi pemilik modal kecil ada baiknya jangan terlalu berlebihan dulu dalam pembelian stok barang. Misalkan dengan stok barang yang tidak terlalu banyak contohnya stok mie 1 dus,stok sabun 10 buah,dll.

Yang terpenting adalah melakukan suatu tindakan dan jangan lupa selalu mencatan pembukuan secara rapi. Jika pembukuan rapi nantinya bisa menjadi bahan referensi untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Jika sudah ada pengalaman dan mempunyai modal yang besar bukalah toko atau minimarket dengan skala yang lebih besar.

Untuk lebih mempermudah dalam mengelola bisnis minimarket anda bisa gunakan sistem komputerisasi atau gunakan aplikasi softwaresoftware kasirsoftware toko atau software minimarket . Dengan adanya perangkat lunak tersebut akan sangat memudahkan pemilik toko untuk mengontrol pembukuan. Karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis dan tidak perlu lagi memakai cara manual dalam proses pembukuan. Berikut keuntungan menggunakan perangkat lunak:

1.Harga

Harga akan secara otomatis muncul saat melakukan proses pembayaran barang, cukup gunakan scan barkode secara otomatis nama dan harga barang tersebut akan muncul pada layar monitor komputer. Siapapun bisa melakukan dan sangat mudah untuk digunakan.

2.Stok

Setiap stok barang yang terjual di kasir secara otomatis akan mengurangi stok yang ada. Dengan menggunakan sistem komputerisasi dan  aplikasi software barang-barang yang stoknya sudah minim akan muncul pada komputer. Hal ini sangat penting, supaya tidak sampai kehabisan stok barang di toko dan tidak mengganggu proses pelayanan terhadap konsumen.

3.Laporan Penjualan

Dengan menggunakan sistem komputerisasi dan software laporan penjualan otomatis akan terekap, sehingga kita tidak perlu susah payah mencatan laporan penjualan secara manual. Kita bisa membuat dan memisahkan beberapa jenis laporan misalkan laporan penjualan perkonsumen, laporan penjualan perbarang, laporan penjualan barang paling laku, laporan penjualan barang perhari, laporan penjualan barang per satu minggu,bulan dan tahun.

4.Laporan Pembelian

Dengan menggunakan sistem yang sudah modern laporan pembelian pelanggan ke supplier akan terekap secara otomasis pada komputer dengan sekali klik saja.

5.Laporan Hutang/ Piutang

Laporan hutang akan lebih mudah pencariannya secara otomatis akan terdeteksi dengan memasukan nama pelanggan yang melakukan piutang. Maka akan muncul daftar pelanggan piutang dan piutang yang harus di bayarkan.

6.Laporan Rugi Dan Laba

Laporan rugi dan laba toko juga dapat dengan mudah kita lihat pada komputer misalkan laba perhari, laba perbulan, laba perminggu dan laba perbulan.

7.Diskon

Adanya sistem ini maka kita dapat mengatur diskon secara otomatis pada komputer. Misalkan beli 3 barang diskon Rp.1500, beli satu dus mi dapat bonus piring cantik dll.

8.Member

Kita bisa gunakan member untuk memberikan point atau potongan harga. Jadi setiap pembelanjaan nanti member akan mendapatkan point dan potongan belanja, jika mendapatkan point dan point tersebut dapat ditukar dengan barang yang lain dll.

Sekian penjelasan Artikel tentang Manajemen Bisnis Minimarket dari Penjualansoftware.com, jika ada pertanyaan yang kurang jelas bisa hubungi admin Penjualan Software Kami via phone: 082391280137 / 082322522453 atau via e-mail: penjualansoftware@yahoo.com.


Silahkan coba terlebih dahulu sebelum membeli Software Toko atau Software Minimarket pada menu download software di Penjualansoftware.com.